PASAR MONOPOLI BY ZURINA.,S.M
Pasar monopoli
1. Pengertian pasar monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan saja dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat .pasar monopoli hanya dikuasai oleh penjual, dengan demikian perusahaannya merupakan industri. Pengusaha dalam pasar monopoli tidak mempunyai saingan sehingga ia tidak takut pembeli tidak membelinya. Keuntungan yang dinikmati pasar monopoli adalah keuntungan melebihi normal.
2. Ciri-ciri pasar monopoli
a. Pasar monopoli adalah industri satu perusahaan
Dipasar monopoli pembeli tidak dapat membeli barang ditempat lain dan tidak mempunyai pilihan.
b. Tidak mempunyai barang pengganti yang mirip
Barang yang dihasilkan pasar monopoli tidak dapat digantikan dengan barang yang mirip yang ada dipasar. Contohnya aliran listrik tidak mempunyai barang penganti yang mirip. Yang hanya adalah adalah lampu minyak tanah.
c. Tidak dapat kemungkinan untuk masuk ke dalam industri
Sifat ini merupakan sebab utama yang menimbulkan perusahaan yang mempunyai kekuasaan monopoli. Tanpa sifat ini pasar monopoli tidak akan wujud, karena tanpa adanya halangan tersebut pada akhirnya akan terdapat beberapa perusahaan didalam industri.
d. Dapat mempengaruhi penentuan harga
Karena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual didalam pasar, maka penentuan harga dapat dikuasinya. Oleh sebab itu perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga (price setter).
e. Promosi iklan kurang diperlukan
Karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan dalam industri, maka ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan.
3. Faktor-faktor yang menimbulkan monopoli
Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan wujudnya pasar monopoli, diantaranya ialah;
a. Keadaan alam, misalnya kesuburan tanah dan bahan baku
b. Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang, artinya pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut.
c. Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi ( economies of scale) hingga tingkat produksi yang tinggi.
d. Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.
4. Keseimbangan dalam pasar monopoli
a. Keseimbangan perusahaan dalam jangka pendek
Sebagai mana halnya perusahaan yang bergerak dalam persaingan sempurna, perusahaan monopoli juga harus menyamakan MR dengan MC agar mencapai lama maksimum.
b. Keseimbangan perusahaan dalam jangka panjang
Perusahaan monopoli tidak mempunyai masalah besar dengan keseimbangan jangka panjang, selama jangka pendek memproleh laba maksimum. Dalam pasar persaingan sempurna, laba super normal menarik perusahan lain untuk masuk ke dalam industri sehingga jangka panjang perusahaan hanya menikmati laba normal saja. Hal tersebut tidak berlaku dalam pasar monopoli. Hambatan untuk masuk perusahaan monopoli mampu menikmati laba super normal, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Bila tidak mampu mempertahankan daya monopolinya.
Comments
Post a Comment