MAKALAH STRATEGI PEMASARAN KOMPETITIF INTERNASIONAL


BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Saat ini, dunia tengah menghadapi era baru yang ditandai dengan kecenderungan globalisasi. Ada beberapa faktor yang menjadi pendorong terjadinya globaisasi, yaitu market drivers, cost drivers, government drivers, dan competitive drivers. Selain itu masih ada faktor lain yang menjadi pendorong terjadinya globalisasi, diantaranya revolusi dalam teknologi informasi dan komunikasi, globalisasi pasar-pasar finansial, dan penyempurnaan dalam bisnis travel. Pemasaran global adalah kegiatan pemasaran oleh perusahaan (global) yang mempunyai bisnis (global) dengan strategi pemasaran, pasar, maupun produk yang sama di berbagai negara.
Sekarang ini, pemasaran global sudah meluas ke seluruh negara. Banyak barang atau produk luar negeri yang dijual dipasaran. Dilain pihak, dengan adanya pemasaran global ini banyak negara yang merasa diuntungkan tetapi ada beberapa negara pula yang merasa dirugikan. Perusahaan yang berkecimpung diberbagai pasar internasional umumnya menghadapi pilihan strategic yang berbeda-beda di tiap-tiap Negara yang dimasukinya. Posisi kompetitif perusahaan dipasar luar negeri yang diperoleh pada waktu tertentu biasanya secara langsung mempengaruhi kemampuan perusahaan bersangkutan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar, yang pada gilirannya berdampak pada pencapaian tujuan korporat.
Oleh sebab itu, kami mencoba menyusun sebuah makalah yang berkaitan dengan strategi pemasaran kompetitif internasional tersebut. Selain itu, penyusunan makalah ini merupakan bagian dari pemenuhan tugas mata kuliah pemasaran internasional.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana model posisi kompetitif?
2.      Bagaimana strategi bagi perusahaan internasional dominan?
3.      Bagaimana strategi bagi international Market Leader?
4.      Bagaimana strategi bagi International Challenger?
5.      Bagaimana strategi bagi International Follower?
6.      Bagaimana strategi bagi International Niche Firm?
C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui Model Posisi Kompetitif?
2.      Untuk mengetahui strategi bagi perusahaan internasional dominan?
3.      Untuk mengetahui strategi bagi international Market Leader?
4.      Untuk mengetahui strategi bagi International Challenger?
5.      Untuk mengetahui strategi bagi International Follower?
6.      Untuk mengetahui strategi bagi International Niche Firm?












BAB II
PEMBAHASAN

A.    Model Posisi Kompetitif
Secara umum, posisi kompetitif di nilai berdasarkan sejumlah dimensi yang berpengaruh terhadap:
·         Kinerja pasar internasional (overseas market performance) seperti :pendapatan, pangsa pasar dan citra merek atau citra perusahaan.
·         Kinerja laba internasional (overseas profit performance) seperti: tingkat investasi, biaya , harga dan produktifitas.
Kinerja pasar dan kinerja laba ini harus dievaluasi dan dibandingkan dengan para pesaing utama. Menurut Brown (1997) dimensi-dimensi tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam 4 kategori yaitu:
1.      Structural position
Posisi ini mencakup evaluasi terhadap struktur industry, struktur pangsa pasar, dan posisi pangsa pasar perusahaan. Berikut adalah gambar berkenaan dengan five forces model porter. Yaitu :


















Pendatang baru
 







pemasok
 


Konsumen
 










substitusi
 
 










Gambar 1. Struktur industi dan kekuatan persaingan

Struktur industry berkenaan dengan five forces model porter , yaitu :
ü  persaingan antar sesame perusahaan dalam industry yang sama
ü   kekuatan tawar-menawar konsumen
ü   kekuatan tawar-menawar pemasok
ü   ancaman pendatang baru
ü   ancaman produk substitusi
2.      Strategic position
Posisi ini  menentukan apakah keuntungan perusahaan di atas atau di bawah rata-rata industri. Suatu perusahaan yang dapat memposisikan diri dengan baik dapat memperoleh tingkat keuntungan yang tinggi meskipun struktur industri yang tidak menguntungkan. Analisis posisi strategic perusahaan bisa menghasilkan peluang-peluang untuk memperkuatnya dan gilirannya akan berdampak positif pada peningkatan posisi bersaing perusahaan. Dimana strategi posisi strategic memiliki tiga level:
a.       Competetif stance. Perubahan dari market follower ke market challenger dan ke market leader bakal memperkuat posisi perusahaan.
b.      Keunggulan kompettitif. Beberapa tindakan strategic bisa dilakukan, tergantung pada posisi awalnya:
v Dari undifferentiated menjadi low-cost atau differentiated
v Dari low-cost menjadi atau differentiated sebagai pimpinan produk.
v Dari differentiated menjadi low-cost dan diferensiasi tinggi dalam hal produk realisasi pelanggan.
c.       Market coverage. Perubahan dari unfocused position ke arah unfocused position bisa menjadi pilihan untuk memperkuat posisi strategic.
3.      Market position
Market position mengacu pada pengakuan dan persepsi pasar relevan terhadap posisi perusahaan dipasar yang dimasuki, menyangkut keberadaan dan produk perusahaan dibandingkan para pesaing. Pengakuan dan persepsi ini berdasarkan penilaian terhadap kualitas produk, rentang produk, ketersediaan, citra dan dimensi relavan lainnya
4.      Resources position
Elemen profitabilitas dan sumber daya dalam posisi kompetetif merupakan aspek internal bagi perusahaan, tetapi harus dievaluasi dan dinilai dalam kaitannya dengan profitabilitas dan sumber daya pesaing. Hal ini berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk mendanai dan melanjutkan strategi yang dipilih dalam kaitannya dengan posisi bersaing.

B.      Strategi Perusahaan Internasional Dominan.
   Karakteristik utama perusahaan dominan adalah pangsa pasar yang secara signifikan lebih besar dibandingkan pesaing terdekat dipasar luar negeri. Tujuan utama perusahaan dominan adalah mempertahankan dan memperkuat posisi kompetitif  dimasa depan ,baik dipasar luar negeri maupun dipasar depan yang dipilih. Tujuan ini biasanya dicapai melalui 3 Cara yaitu:
1.      Memperkuat persepsi pasar
Pimpinan dominan harus memperkuat leader positioning-nya sebagai standar industry dalam benak konsumen,
2.       Mengelola pasar.
Perusahaan dominan memiliki peluang terbesar untuk mengelola pasar dan persaingan melalui investasi dalam inisiatif-inisiatif baru.
3.      Mengembangkan market sensing dan competitive  intelligence
Perusahaan-perusahaan yang berusaha mengejar dominasi dipasar luar negeri memiliki dua rute sukses. Yang pertama, berfokus pada satu pasar luar negeri. Kedua, mengindentifikasi ceruk pasar atau pasar terspesialisasi dengan potensi global dan berusaha mendominasinya melalui lisensi atau waralaba.

C.     Strategi bagi Internasional Market Leader.
   Secara garis besar, strategi pemimpin pasar internasional meliputi 3 bentuk yaitu sbb:
2.      Memperluas pasar keseluruhan
Yaitu dimana pemimpin pasar meraih keuntungan terbesar dari peningkatan pasar atau permintaan total dengan cara mencari pemakai baru,mengupayakan pemanfaatan baru, dan meningkatkan frekuensi pemakain produk.
3.      Melindungi pangsa pasar
Yaitu pemimpin berupaya meningkatkan besarnya ukuran pasar dan berusaha melindungi bisnis yang sudah ada di pasar luar negeri dari segala kemungkinan serangan para pesaing. Ada 6 strategi yang diterapkan pemimpin  pasar dalam rangka melindungi  pangsa pasarnya:
a.       Position defense
merupakan bentuk pertahanan paling besar dimana perusahaan membangun pertahanan atau perlindungan atas posisi saat ini.
b.      Flanking defense
Merupakan dimana pimpinan pasar melindungi titik-titik lemahnya.
c.       Pre-emptive defense
Merupakan strategi pimpinan pasar menyerang pesaing sebelum mereka melakukan tindakan strategi negative yang berdampak pada posisi kompetitif pimpinan pasar tersebut.
d.      Counter offensive defense
Merupakan strategi pimpinan pasar memilih menyerang balik secepat mungkin atau “wait and see” sebelum membalas serangan pesaing.
e.       Mobile defense
Merupakan strategi mempertahankan posisi pasar saat ini secara agresif.
f.       Contraction defence
Merupakan strategi dimana perusahaan memilih untuk lepas posisi yang lemah dan mengkonsentrasikan sumber dayanya pada posisi yang lebih kuat.
3).   Meningkatkan pangsa pasar
Yaitu dimana pemimpin pasar bisa berkembang  dengan cara  meningkat kanpangsa pasarnya.

D.    Strategi bagi Internasional Challenger
Penantang pasar internasional perlu memutuskan 3 kebijakan strategic yaitu sbb: Pertama ,tujuan strategic harus ditetapkan  dengan cermat, Kedua,penantang pasar harus memilih pesaing yang ingin ditantang, Ketiga,penantang pasar harus memilih strategi penyerangan yang tepat.
Pemilihan strategi tersebut harus mempertimbangkan kondisi politik dan peraturan dinegara tujuan pemasaran, struktur distribusi, dan loyalitas konsumen dinegara masing-masing Negara.
a.       frontal attack dimana strategi ini, penantang pasar berusaha menyamai produk, periklanan, harga, dan distribusi pesaing yang dijadikan target penyerangan.
b.      Flanking attack dimana strategi ini, penantang pasar justru berusaha menyerang titik-titik lemah pesaingnya.
c.       Encirclement attack dimana strategi ini,mencakup serangan dari semua arah, sehingga pesaing harus melindungi dirinya pada semua sudut secara simultan.
d.      Bypass attack merupakan strategi tidak langsung. Dimana penantang pasar menghindari pesaing dan mengincar pasar yang lebih mudah dilayani.
e.       Guerrilla attack dimana strategi ini cocok bagi penantang pasar yang lebih kecil atau kurang kuat dananya. Penantang ini melakukan serangan kecil-kecilan secara periodic untuk melemahkan mental pesaing, dengan harapan perlahan tapi pasti dapat mengembangkan panji secara permanen

E.      Strategi bagi Internasional Follower
Pengikut pasar merupakan salah satu target utama serangan dari penantang.
Pengikut pasar dapat klasifikasikan ke dalam 3 jenis:
1.      Cloner meniru secara langsung produk, distribusi, periklanan, dankebijakan pemasaran lainnya.
2.      Imitator meniru  beberapa aspek dari  pemimpin  pasar,tetapi tetap berusaha melakukan diferensiasi  dalam hal pengemasan,penetapan periklanan.
3.      Adaptor berusaha mengembangkan produk & program pemasaran pemimpim pasar.
Secara garis besar, strategi pengikut pasar internsional dikategorikan menjadi 4 macam yaitu:
a.       Imitation ( Pengikut pasar menawarkan Produk yang sama dengan harga lebih murah).
b.      Adding features (fitur tambahan untuk diferensasi.)
c.       Stripping down (mengurangi fitur tertentu).
d.      Flanking (Perpaduan  pada Stripping down  dan Adding features agar mengembangkan produk yang cocok bagi segmen pasar kecil).

F.     Strategi bagi Internasional Niche Firm.
Merupakan perusahan yang produk atau jasanya secara khusus di tujukan untuk memuaskan pasar yang spesifik. Ide dasar ceruk pasar adalah spesialisasi berdasarkan pasar, pelanggan, produk, atau lini bauran pemasaran. Penceruk pasar sebaiknya mencari satu atau lebih ceruk pasar yang aman dan menguntungkan. Pada Gambar.2 terdapat gambaran yang menerangkan tentang  profil kompetetif penceruk pasar.
 











Gambar 2. Profil kompetitif penceruk paasar


Pilihan-pilihan spesialisasi yang tersedia bagi penceruk pasar terdapat beberapa pilihan yang beragam. Berikut ini adalah beberapa pilihan  jenis pengkhususan atau spesialisasi yang tersedia bagi penceruk perusahaan pasar internasional  yang dapat dipilih yaitu:
1.      Spesialis Pemakai Akhir (end use specialist)
2.      Spesialis Tingkat Vertikal (vertical-level specialist)
3.      Spesialis Ukuran Pelanggan (costumer size specialist)
4.      Spesialiis pelanggan tertentu (specific specialist)
5.      Spesialis Geografis (geographical specialist)
6.      Spesialis Produk (product  specialist)














BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Posisi kompetitif merupakan elemen penting dalam perancangan strategi pemasaran kompetitif internasional. Posisi kompetitif bisa dinilai berdasarkan empat dimensi yang mempengaruhi kinerja pasar internasional dan kinerja laba internasional. Keempat dimensi tersebut adalah structural position, strategic position, market position, resources position.
Perusahaan internasional dominan memiliki tiga pilihan strategi, yakni memperkuat persepsi pasar, mengelola pasar, serta mengembangkan market sensing dan competitive intelligence. Pimpinan pasar internasional bisa menerapkan berbagai strategi, di antaranya memperluas pasar keseluruhan, melindungi pangsa pasar dan meningkatkan pangsa pasar.
Pada umumnya penantang pasar internasional bakal menyerang pimpinan pasar dan pesaing lainnya dalam rangka merebut pangsa pasar lebih besar. Caranya antara lain: frontal attack, Flanking, Encirclement attack, Bypass attack  dan Guerrilla attack.

B.     Saran
Sebagai interpeneur yang memiliki perusahaan yang besar hendaknya sebuah perusahaan yang bersaing di pemaran global harus bisa membaca dan memahami taktik dan strategi kompetitif dalam dunia persaingan pemasaran global. Perusahaan harus bisa memberikan keunggulan kompetitifnya dalam perusahaan yang dijalankan sehingga bisa bersaing dengan pesaing lainnya. Dan untuk pembaca lebih banyak lah membaca dan mencari referensi tentang apa itu dan bagaimana menerapkan dan memaknai strategi pemasaran kmpetitif internasional  itu sendiri.


DAFTAR PUSTAKA
https://www.scribd.com/doc/13564923/STRATEGI-INTERNASIONAL-2( di akses pada tanggal 19 November 2018)

Comments

  1. halo semuanya di sini jika Anda mencari pinjaman dengan tingkat bunga rendah dengan pengembalian 2 tingkat per tahun maka penawaran pinjaman pedro akan bagus untuk pinjaman bisnis Anda dan beberapa jenis pinjaman lain yang ingin Anda ajukan selama Anda tahu bahwa Anda dapat melakukannya pengembalian yang baik kembali sesegera mungkin kemudian hubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MAKALAH PUSAT PERTANGGUNGJAWABAN, SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

makalah studi kelayakan bisnis aspek keuangan