MAKALAH STRATEGI PEMASARAN KOMPETITIF INTERNASIONAL
BAB
1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Saat ini, dunia tengah menghadapi era baru yang
ditandai dengan kecenderungan globalisasi. Ada beberapa faktor yang menjadi
pendorong terjadinya globaisasi, yaitu market drivers, cost
drivers, government drivers, dan competitive drivers. Selain itu
masih ada faktor lain yang menjadi pendorong terjadinya globalisasi,
diantaranya revolusi dalam teknologi informasi dan komunikasi, globalisasi
pasar-pasar finansial, dan penyempurnaan dalam bisnis travel. Pemasaran global adalah kegiatan
pemasaran oleh perusahaan (global) yang mempunyai bisnis (global) dengan
strategi pemasaran, pasar, maupun produk yang sama di berbagai negara.
Sekarang ini, pemasaran global sudah meluas ke
seluruh negara. Banyak barang atau produk luar negeri yang dijual dipasaran.
Dilain pihak, dengan adanya pemasaran global ini banyak negara yang merasa
diuntungkan tetapi ada beberapa negara pula yang merasa dirugikan. Perusahaan yang berkecimpung diberbagai pasar
internasional umumnya menghadapi pilihan strategic yang berbeda-beda di
tiap-tiap Negara yang dimasukinya. Posisi kompetitif perusahaan dipasar luar
negeri yang diperoleh pada waktu tertentu biasanya secara langsung mempengaruhi
kemampuan perusahaan bersangkutan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar,
yang pada gilirannya berdampak pada pencapaian tujuan korporat.
Oleh sebab itu, kami mencoba
menyusun sebuah makalah yang berkaitan dengan strategi
pemasaran kompetitif internasional tersebut. Selain itu, penyusunan
makalah ini merupakan bagian dari pemenuhan tugas mata kuliah pemasaran internasional.
B.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana model posisi kompetitif?
2. Bagaimana strategi bagi perusahaan
internasional dominan?
3. Bagaimana strategi bagi international Market Leader?
4. Bagaimana strategi bagi International Challenger?
5. Bagaimana strategi bagi International Follower?
6. Bagaimana strategi bagi International Niche Firm?
C.
Tujuan
1. Untuk mengetahui Model Posisi Kompetitif?
2. Untuk mengetahui strategi bagi perusahaan
internasional dominan?
3. Untuk mengetahui strategi bagi international Market Leader?
4. Untuk mengetahui strategi bagi International Challenger?
5. Untuk mengetahui strategi bagi International Follower?
6. Untuk mengetahui strategi bagi International Niche Firm?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Model
Posisi Kompetitif
Secara umum, posisi kompetitif di nilai
berdasarkan sejumlah dimensi yang berpengaruh terhadap:
·
Kinerja pasar internasional (overseas market performance) seperti :pendapatan, pangsa pasar dan
citra merek atau citra perusahaan.
·
Kinerja laba internasional
(overseas profit performance)
seperti: tingkat investasi, biaya , harga dan produktifitas.
Kinerja pasar dan kinerja laba ini harus
dievaluasi dan dibandingkan dengan para pesaing utama. Menurut Brown (1997)
dimensi-dimensi tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam 4 kategori yaitu:
1.
Structural position
Posisi ini mencakup evaluasi terhadap struktur
industry, struktur pangsa pasar, dan posisi pangsa pasar perusahaan. Berikut
adalah gambar berkenaan dengan five
forces model porter. Yaitu :
|
|||||||||||||||
|
|
||||||||||||||
|
Gambar 1. Struktur industi dan kekuatan persaingan
Struktur industry berkenaan dengan five forces model porter , yaitu :
ü
persaingan antar sesame perusahaan dalam industry yang sama
ü
kekuatan tawar-menawar konsumen
ü
kekuatan tawar-menawar pemasok
ü
ancaman pendatang baru
ü
ancaman produk substitusi
2. Strategic position
Posisi ini menentukan apakah keuntungan perusahaan di
atas atau di bawah rata-rata industri. Suatu perusahaan yang dapat memposisikan
diri dengan baik dapat memperoleh tingkat keuntungan yang tinggi meskipun
struktur industri yang tidak menguntungkan. Analisis
posisi strategic perusahaan bisa menghasilkan peluang-peluang untuk
memperkuatnya dan gilirannya akan berdampak positif pada peningkatan posisi
bersaing perusahaan. Dimana strategi posisi strategic memiliki tiga level:
a. Competetif
stance. Perubahan dari market follower ke market challenger dan ke market
leader bakal memperkuat posisi perusahaan.
b. Keunggulan kompettitif. Beberapa tindakan strategic
bisa dilakukan, tergantung pada posisi awalnya:
v Dari undifferentiated
menjadi low-cost atau differentiated
v Dari low-cost menjadi
atau differentiated sebagai pimpinan
produk.
v Dari differentiated
menjadi low-cost dan diferensiasi
tinggi dalam hal produk realisasi pelanggan.
c. Market
coverage. Perubahan dari unfocused position ke arah unfocused position bisa menjadi pilihan
untuk memperkuat posisi strategic.
3. Market position
Market position mengacu pada pengakuan dan
persepsi pasar relevan terhadap posisi perusahaan dipasar yang dimasuki,
menyangkut keberadaan dan produk perusahaan dibandingkan para pesaing.
Pengakuan dan persepsi ini berdasarkan penilaian terhadap kualitas produk,
rentang produk, ketersediaan, citra dan dimensi relavan lainnya
4. Resources position
Elemen profitabilitas dan sumber daya dalam posisi
kompetetif merupakan aspek internal bagi perusahaan, tetapi harus dievaluasi
dan dinilai dalam kaitannya dengan profitabilitas dan sumber daya pesaing. Hal
ini berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk mendanai dan melanjutkan
strategi yang dipilih dalam kaitannya dengan posisi bersaing.
B. Strategi Perusahaan Internasional Dominan.
Karakteristik utama perusahaan dominan adalah pangsa
pasar yang secara signifikan lebih besar dibandingkan pesaing terdekat dipasar
luar negeri. Tujuan utama perusahaan dominan adalah mempertahankan dan
memperkuat posisi kompetitif dimasa
depan ,baik dipasar luar negeri maupun dipasar depan yang dipilih. Tujuan ini
biasanya dicapai melalui 3 Cara
yaitu:
1.
Memperkuat persepsi pasar
Pimpinan dominan harus
memperkuat leader positioning-nya
sebagai standar industry dalam benak konsumen,
2. Mengelola pasar.
Perusahaan dominan memiliki
peluang terbesar untuk mengelola pasar dan persaingan melalui investasi dalam
inisiatif-inisiatif baru.
3. Mengembangkan market sensing
dan competitive intelligence
Perusahaan-perusahaan yang
berusaha mengejar dominasi dipasar luar negeri memiliki dua rute sukses. Yang
pertama, berfokus pada satu pasar luar negeri. Kedua, mengindentifikasi ceruk
pasar atau pasar terspesialisasi dengan potensi global dan berusaha
mendominasinya melalui lisensi atau waralaba.
C.
Strategi bagi Internasional Market Leader.
Secara garis besar, strategi pemimpin pasar internasional meliputi 3 bentuk yaitu sbb:
2. Memperluas pasar keseluruhan
Yaitu dimana pemimpin pasar meraih keuntungan terbesar dari peningkatan
pasar atau permintaan total dengan cara mencari pemakai baru,mengupayakan
pemanfaatan baru, dan meningkatkan frekuensi pemakain produk.
3. Melindungi pangsa pasar
Yaitu pemimpin berupaya meningkatkan besarnya ukuran pasar dan berusaha
melindungi bisnis yang sudah ada di pasar luar negeri dari segala kemungkinan
serangan para pesaing. Ada 6 strategi yang diterapkan pemimpin pasar dalam rangka melindungi pangsa pasarnya:
a. Position defense
merupakan bentuk pertahanan paling besar dimana
perusahaan membangun pertahanan atau perlindungan atas posisi saat ini.
b. Flanking defense
Merupakan dimana pimpinan pasar melindungi titik-titik
lemahnya.
c. Pre-emptive defense
Merupakan strategi pimpinan pasar menyerang pesaing
sebelum mereka melakukan tindakan strategi negative yang berdampak pada posisi
kompetitif pimpinan pasar tersebut.
d. Counter offensive defense
Merupakan strategi pimpinan pasar memilih menyerang
balik secepat mungkin atau “wait and see”
sebelum membalas serangan pesaing.
e. Mobile defense
Merupakan strategi mempertahankan posisi pasar saat
ini secara agresif.
f. Contraction defence
Merupakan strategi dimana perusahaan memilih untuk lepas posisi yang
lemah dan mengkonsentrasikan sumber dayanya pada posisi yang lebih kuat.
3). Meningkatkan pangsa pasar
Yaitu
dimana pemimpin pasar bisa berkembang dengan cara
meningkat kanpangsa pasarnya.
D.
Strategi
bagi Internasional Challenger
Penantang
pasar internasional
perlu
memutuskan 3 kebijakan strategic yaitu sbb: Pertama
,tujuan strategic harus ditetapkan
dengan cermat, Kedua,penantang pasar harus memilih pesaing yang ingin
ditantang, Ketiga,penantang
pasar harus memilih strategi penyerangan yang tepat.
Pemilihan
strategi tersebut harus mempertimbangkan kondisi politik dan peraturan dinegara
tujuan pemasaran, struktur distribusi, dan loyalitas konsumen dinegara
masing-masing Negara.
a.
frontal attack dimana
strategi ini, penantang pasar berusaha menyamai produk, periklanan, harga, dan
distribusi pesaing yang dijadikan target penyerangan.
b.
Flanking attack dimana strategi ini, penantang pasar justru berusaha menyerang
titik-titik lemah pesaingnya.
c.
Encirclement attack dimana strategi ini,mencakup serangan dari semua arah, sehingga pesaing
harus melindungi dirinya pada semua sudut secara simultan.
d.
Bypass attack merupakan
strategi tidak langsung. Dimana penantang pasar menghindari pesaing dan
mengincar pasar yang lebih mudah dilayani.
e.
Guerrilla attack dimana strategi ini cocok bagi penantang pasar yang lebih kecil atau
kurang kuat dananya. Penantang ini melakukan serangan kecil-kecilan secara
periodic untuk melemahkan mental pesaing, dengan harapan perlahan tapi pasti
dapat mengembangkan panji secara permanen
E.
Strategi bagi Internasional Follower
Pengikut
pasar merupakan salah satu target utama serangan dari penantang.
Pengikut pasar dapat klasifikasikan ke dalam 3 jenis:
Pengikut pasar dapat klasifikasikan ke dalam 3 jenis:
1. Cloner meniru secara langsung produk, distribusi,
periklanan, dankebijakan pemasaran
lainnya.
2. Imitator meniru
beberapa aspek dari pemimpin pasar,tetapi tetap berusaha melakukan
diferensiasi dalam hal pengemasan,penetapan
periklanan.
3. Adaptor berusaha
mengembangkan produk & program pemasaran pemimpim pasar.
Secara
garis besar, strategi pengikut pasar internsional dikategorikan menjadi 4 macam yaitu:
a. Imitation (
Pengikut pasar menawarkan Produk yang sama dengan harga lebih murah).
b.
Adding features (fitur
tambahan untuk diferensasi.)
c.
Stripping down (mengurangi
fitur tertentu).
d.
Flanking (Perpaduan pada
Stripping down dan Adding
features agar mengembangkan produk yang cocok
bagi segmen pasar kecil).
F. Strategi bagi Internasional Niche Firm.
Merupakan perusahan
yang produk atau jasanya secara khusus di tujukan untuk memuaskan pasar yang
spesifik. Ide dasar ceruk pasar adalah spesialisasi berdasarkan pasar,
pelanggan, produk, atau lini bauran pemasaran. Penceruk pasar sebaiknya mencari
satu atau lebih ceruk pasar yang aman dan menguntungkan. Pada Gambar.2 terdapat
gambaran yang menerangkan tentang profil
kompetetif penceruk pasar.
Gambar 2.
Profil kompetitif penceruk paasar
Pilihan-pilihan
spesialisasi yang tersedia bagi penceruk pasar terdapat beberapa pilihan yang
beragam. Berikut ini adalah beberapa pilihan jenis pengkhususan atau spesialisasi yang tersedia bagi penceruk
perusahaan pasar internasional yang dapat dipilih yaitu:
1. Spesialis
Pemakai Akhir (end use specialist)
2. Spesialis
Tingkat Vertikal (vertical-level specialist)
3. Spesialis
Ukuran Pelanggan (costumer size specialist)
4. Spesialiis
pelanggan tertentu (specific specialist)
5. Spesialis
Geografis (geographical specialist)
6. Spesialis
Produk (product specialist)
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Posisi kompetitif merupakan elemen penting dalam
perancangan strategi pemasaran kompetitif internasional. Posisi kompetitif bisa
dinilai berdasarkan empat dimensi yang mempengaruhi kinerja pasar internasional
dan kinerja laba internasional. Keempat dimensi tersebut adalah structural position, strategic position,
market position, resources position.
Perusahaan internasional dominan memiliki tiga pilihan
strategi, yakni memperkuat persepsi pasar, mengelola pasar, serta mengembangkan
market sensing dan competitive intelligence. Pimpinan pasar
internasional bisa menerapkan berbagai strategi, di antaranya memperluas pasar
keseluruhan, melindungi pangsa pasar dan meningkatkan pangsa pasar.
Pada umumnya penantang pasar internasional bakal
menyerang pimpinan pasar dan pesaing lainnya dalam rangka merebut pangsa pasar
lebih besar. Caranya antara lain: frontal
attack, Flanking, Encirclement
attack, Bypass attack dan Guerrilla attack.
B. Saran
Sebagai interpeneur yang memiliki perusahaan yang besar
hendaknya sebuah perusahaan yang bersaing di pemaran global harus bisa membaca
dan memahami taktik dan strategi kompetitif dalam dunia persaingan pemasaran
global. Perusahaan harus bisa memberikan keunggulan kompetitifnya dalam
perusahaan yang dijalankan sehingga bisa bersaing dengan pesaing lainnya.
Dan untuk pembaca lebih banyak lah membaca dan mencari referensi tentang apa
itu dan bagaimana menerapkan dan
memaknai strategi pemasaran kmpetitif internasional itu sendiri.
DAFTAR
PUSTAKA
https://www.google.com/search?safe=strict&ei=_iTwW7HOIvt9QPVmIGADA&q=makalah+strategi+pemasaran+kompetetif+internasional+mengenai+strategi+pemasaran+perusahaan+internasional+dominan(
di akses pada tanggal 19
November 2018)
https://www.scribd.com/doc/13564923/STRATEGI-INTERNASIONAL-2(
di akses pada tanggal 19
November 2018)
halo semuanya di sini jika Anda mencari pinjaman dengan tingkat bunga rendah dengan pengembalian 2 tingkat per tahun maka penawaran pinjaman pedro akan bagus untuk pinjaman bisnis Anda dan beberapa jenis pinjaman lain yang ingin Anda ajukan selama Anda tahu bahwa Anda dapat melakukannya pengembalian yang baik kembali sesegera mungkin kemudian hubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com
ReplyDelete